Ganti Per Klep Ketika RPM Semakin Menjerit Kencang
Berdasarkan pengalaman, Jupie MX dengan per klep standar dan CDI Standar hanya bisa berlari sampai 9200 rpm. Jika Jupie MX sudah menggunakan CDI Unlimiter, rpm bisa sampai 10.000. Lebih dari 10000 rpm, per klep standar akan “mengambang” sehingga rpm menjadi mentok.
Per klep standar Jupie MX akan mengambang karena tidak mampu menangani beban RPM yang terlalu tinggi. Per klep akan membal seperti bola basket dan akan mengeluarkan bunyi bergetar pada mesin. Kalo sudah begini sebaiknya kita menurunkan gas, atau menaikkan gigi.
So, daripada mengalami hal diatas, ganti saja per klep standar itu dengan yang lebih keras dan padat, seperti per klep punya V-Ixion, merek TK, merek YY Pang, atau merek2 lainnya. Dijamin si Jupie MX akan “semakin di depan”!
Btw, sayangnya seperti yg braderhud ketahui, yang namanya spidometer itu gak pernah akurat. Berikut adalah perhitungan kecepatan berdasarkan rpm. Contoh berikut diambil berdasarkan perhitungan kecepatan sebenarnya yang akurat, bukan yang sering kita lihat di spido nya Jupie MX.


stock cdi at 9200rpm (max limiter)
max speed @2nd gear = 71kph
max speed @3rd gear = 99kph
max speed @4th gear = 128kph

aftermarket cdi at 10,000rpm with stock valve spring
max speed @2nd gear = 77kph
max speed @3rd gear = 107kph
max speed @4th gear = 139kph

aftermarket cdi at 11,000rpm with aftermarket valve spring
note: i use 11,000rpm .
Though aftermarket valvesprings can reach higher than 11,000rpm

max speed @2nd gear = 85kph
max speed @3rd gear = 118kph
max speed @4th gear = 153kph

PHILIPPINES/INDONESIAN SPEEDOMETER T135 SPECS

note: what shown in speedometer of phil/indo t135

RPM: 11,000
max speed @2nd gear = 92kph
max speed @3rd gear = 128kph
max speed @4th gear = 166kph

Semua data diatas berdasarkan formula perhitungan yang telah diujicoba. Selamat mencoba, terus silahkan komen kesini. Gudlak!