Kacang kerap dijadikan sebagai pilihan kudapan, entah karena rasa, harga yang murah, atau kemudahan menyimpan atau membawanya. Sekarang ini, kacang bisa dimasukkan ke dalam daftar menu sehat Anda.

Penelitian menemukan bahwa mereka yang memakan kacang sebagai bagian dari diet jantung sehat memiliki level LDL (kolesterol jahat) yang lebih rendah. LDL yang rendah berarti mengurangi risiko memiliki gumpalan sel darah yang dapat menyebabkan serangan jantung. Ka tutulah jantung dianggap baik untuk jantung.

Kacang dapat membantu kesehatan jantung karena mengandung:

  • Lemak tak jenuh yang dapat menurunkan level kolesterol jahat.
  • Asam lemak omega-3 yang dapat mencegah irama jantung berbahaya yang dapat menyebabkan serangan jantung.
  • L-arginine, substansi yang dapat membuat dinding arteri lebih fleksibel dan kurang kondusif untuk menyebabkan gumpalan darah. Seperti disebutkan sebelumnya, gumpalan darah dapat menyebabkan serangan jantung.
  • Serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Vitamin E yang dapat menghentikan perkembangan plak di arteri. Plak berbahaya karena dapat menyempitkan arteri sehingga dapat menimbulkan rasa sakit di dada, penyakit arteri koroner, atau serangan jantung.
  • Sterol nabati yang memiliki efek yang sama dengan serat. Sterol nabati bisa ditemukan di margarin atau jus jeruk, tetapi kacang adalah satu-satunya yang memiliki sterol nabati alami.

Walaupun kacang-kacangan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung, Anda tidak dianjurkan untuk memakannya sebanyak mungkin. Kacang tetap memiliki banyak kalori sehingga Anda hanya perlu mengonsumsi secukupnya. Hanya memakan kacang malah akan memberikan efek buruk. Jadi, yang paling baik adalah segenggam kacang sehari.

Umumnya, semua jenis kacang dapat dikonsumsi, walau sebagian memiliki nutrisi dan lemak ramah jantung yang lebih banyak daripada jenis yang lain. Tetapi, dari semua jenis kacang, walnut memiliki jumlah omega-3 yang paling banyak. Jenis lain yang juga dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda adalah almond, macademia, hazelnut, dan pecan. Kacang tanah, yang secara teknis bukanlah kacang-kacangan, melainkan polong-polongan, juga cukup sehat untuk jantung.

Jadi, memilih kacang-kacangan daripada kudapan lain akan memudahkan Anda mengikuti diet yang sehat untuk jantung. Untuk mengetahui artikel tentang kesehatan lainnya silahkan kunjungi situs ini🙂